Strategi Bisnis Yang Jitu Dalam Menarik Konsumen

Dalam menjalani bisnis, pastinya setiap pelaku bisnis menginginkan untuk meningkatkan menarik banyak konsumen dan meningkatkan penjualan. Namun kebanyakan pelaku usaha masih bingung dalam mencari cara terbaik untuk meningkatkan penjualan. Namun sebenarnya anda tak perlu khawatir, jika anda mengetahui strategi bisnis yang tepat dalam meningkatkan jumlah konsumen dan penjualan, maka akan sangat mudah bagi anda untuk menjalani bisnis.

Tips Menarik Konsumen Dan Meningkatkan Penjualan

Masih banyak pelaku usaha yang belum memahami tentang pengertian strategi bisnis yang baik dan tepat untuk diaplikasikan dalam bisnis yang dijalani. Sehingga dalam menjalani bisnis, akan merasa sedikit kebingungan dan kesulitan. Bagi anda yang sedang mencari cara atau strategi untuk bisa meningkatkan pelanggan serta penjualan dalam bisnis anda, maka anda bisa mencoba strategi di bawah ini.

1. Berikan Sesuatu

strategi bisnis

Ini sudah bukan jadi rahasia umum lagi, saat anda memberikan sesuatu tentunya anda akan mendapatkan imbalan. Ini bisa anda terapkan dalam strategi bisnis perusahaan yang anda bangun. Semakin tinggi “pemberian” yang anda berikan, maka akan semakin banyak pula klien yang datang. Dan prinsip inilah yang harus dipegang teguh bagi pelaku bisnis. untuk bisa berhasil dalam menjalani sebuah bisnis, anda tidka boleh takut dalam mengeluarkan biaya lebih yang kemungkinan bisa memberikan hasil yang setimpal untuk keberlangsungan bisnis anda. sehingga jangan takut memberikan “sesuatu”kepada orang lain. Sebagai imbalannya, bisa saja ada banyak klien baru yang menanti di depan anda. salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah misalnya dengan melakukan diskon atau promo.

2. Temui Berbagai Orang

strategi bisnis

Tentunya banyak kejadian dimana anda memiliki konsumen yang berasal dari konsumen sebelumnya, ataupun konsumen tersebut merupakan orang yang memang sudah anda kenal. Inilah keuntungannya jika anda bertemu dengan banyak orang dari berbagai kalangan, ini akan semakin memperluas jaringan atau network yang anda miliki. Beberapa ahli menyarankan bagi pelaku bisnis untuk sering mengikuti event-event yang berkaitan dengan bisnis yang dijalani. Namun bertemu dengan orang lainnya yang tidak berkaitan dengan bisnis juga dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi anda.

3. Buat Sesuatu Yang Unik

Dalam mempelajari strategi bisnis yang baik, setiap bisnis apapun yang dijalani akan lebih baik jika anda membuat sesuatu yang unik dan berbeda dari competitor lainnya. hal ini bisa membantu produk/jasa yang anda miliki mnenjadi lebih terkenal di pasara. Misalnya saja, anda bisa memberikan pelayanan customer yang lebih baik dibandingkan dengan pesaing lainnya, ini akan membuat banyak orang menyadari tentang kelebihan dari bisnis yang anda jalani.

Mungkins saja akan ada banyak pesaing dari bisnis yang anda jalani, namun jangan hanya sekedar ikut-ikutan saja. Anda harus bisa menciptakan sesuatu yang berbeda, yang membedakan anda dengan perusahaan atau bisnis lainnya. mulai dari desain, logo, strategi marketing yang inovatif, dan masih banyak lainnya. berpikirlah kreatif dan out of the box untuk bisa melakukan berbagai inovasi pada bisnis yang anda jalani.

4. Selalu Tepat Waktu

strategi bisnis

Jika anda memiliki janji untuk bertemu klien atau pelanggan, maka datanglah selalu tepat waktu sesuai dengan jam yang sudah ditetapkan. Malah akan lebih bagus lagi jika anda bersedia hadir lebih awal sehingga menghindari klien menunggu lebih lama. Orang yang selalu menjalankan tepat waktu di dalam kehidupannya, merupakan orang yang akan berhasil dalam kehidupannya. Banyak masalah yang bisa diselesaikan dengan baik-baik saja saat anda bisa menepati waktu. Sehingga jangan membuang waktu dengan percuma, setiap detik bisa menjadi peluang yang baik untuk mengembangkan bisnis anda.

5. Manfaatkan Teknologi Yang Ada

strategi bisnis

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini memang teknologi menjadi sebuah kebutuhan tersendiri, baik dalam komunikasi hingga bisnis sekalipun. Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada untuk mengembangkan bisnis yang anda jalani. Strategi bisnis online bisa anda lakukan dengan membuat email marketing, iklan online, maupun sejenisnya untuk memasarkan bisnis anda. Yang paling dasar sebenarnya adalah membuat company profile. Jika bisnis anda bukan sebuah perusahaan, maka anda bisa membuat sebuah website untuk mempromosikan produk/jasa yang anda tawarkan.

6. Buat Kompetisi Atau Lomba Yang Berhadiah

Anda juga bisa membuat kontes atau kompetisi atau lomba yang berhadiah. Seperti poin penjelasan sebelumnya, jangan pernah takut memberikan sesuatu dalam bisnis anda. ini menajdi alternative terbaik bagi anda untuk menarik konsumen baru. Misalnya saja, anda bisa meminta kepada konsumen di pasar untuk memberikan komentar terkait website anda, dan kemudian sebagai gantinya konsumen bisa mendapatkan hadiah. Dan setelah itu, hal ini bisa disebarluaskan ke sosial media agar semakin banyak orang yang tahu tentang bisnis yang anda jalani.

7. Memperhatikan Hal-hal Yang Kecil

Siapa yang tidak suka jika diperhatikan? Apalagi bagi pelanggan, saat menerima perhatian yang isfatnya berarti dan personal membuatnya akan loyal pada anda. misalnya saja, anda memberikan pelayanan terbaik saat pelanggan membeli atau menggunakan jasa anda. atau anda bisa menyediakan beberapa tempat duduk bagi pelanggan yang berusia lanjut sehingga tidak berdiri terlalu lama, maupun masih banyak lainnya.

8. Bangun Komunikasi Secara Teratur

Sudah menjadi hal yang wajib,dalam staregi bisnis perusahaan untuk membangun komunikasi teratur dengan pelanggan. Komunikasi yang terjalin baik, akan membuat pelanggan juga akan setia kepada anda. sebuah komunikasi bisa terjalin baik jika konsumen mengetahui dengan jelas tentang bisnis anda. sehingga tak ada salahnya untuk mengenalkan diri kepada konsumen, baik itu secara langsung maupun melalui iklan.

9. Berikan pelayanan Terbaik

strategi bisnis

Strategi bisnis selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan anda. Sikap yang ramah dan sopan selalu harus anda tunjukkan kepada semua konsumen. Jangan lupa untuk selalu tersenyum dan mengatakan terima kasih kepada konsumen-konsumen anda. ini akan sangat membantu anda mendapatkan perhatian pelanggan. Selain itu tanggapi pula dengan cepat jika terdapat keluhan yang disampaikan oleh pelanggan. Komunikasi semacam ini akan memberikan pelanggan kesan berbelanja yang menyenangkan dan tentu saja akan semakin banyak lagi konsumen yang datang kepada anda.

10. Bagikan Testimoni

Pelanggan baru biasanya akan terkesan saat melihat pelanggan lama merasa puas ketika menggunakan barang/jasa anda. disinilah peran testimony memang memiliki arti penting dalam menarik konsumen dan meningkatkan penjualan. Kumpulkan berbagai testimony yang terbaik yang pernah anda miliki. Testimony bisa dalam bentuk gambar atau kata-kata. Jangan menggunakan model testimony yang biasa saja, kalau bisa cari testimony yang unik. Sehingga membuat banyak pelanggan baru berdatangan kepada anda.

Nah itu tadi beberapa strategi bisnis yang bisa anda jalani untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan dalam bisnis anda. Siapkan strategi bisnis seperti ini sebelum anda membangun sebuah bisnis. Sehingga bisnis yang anda jalankan bisa berjalan sesuai dengan tujuan dan arah yang anda inginkan.