Strategi Pemasaran dan Fungsinya Dalam Kehidupan Perusahaan

Orang yang berbisnis atau bekerja dalam bisnis sudah pasti tahu tentang strategi pemasaran. Untuk orang awam yang belum mengetahui apa itu strategi penjualan, mari kita bahas satu persatu. Strategi pemasaran adalah sebuah taktik, rencana, atau cara yang digunakan untuk membuat orang mengenal dan ingin membeli produk tersebut. Strategi penjualan juga disebut-sebut sebagai salah satu rangkaian terbesar dalam perusahaan. Semua bisnis wajib memiliki strategi pemasaran. Tanpa adanya strategi penjualan produk, maka bisnis akan berbentuk acak-acakan dan tidak terarah.

Strategi Pemasaran Produk: Fungsi dan Manfaatnya

Strategi pemasaran produk tentunya tidak akan lepas dari harga produk. Untuk menentukan harga produk sendiri tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa hal yang wajib diperhatikan untuk menentukan harga produk. Tiga hal yang setidaknya harus diperhatikan dalam pembuatan harga produk adalah proses produksi, pemasaran dan juga konsumsi. Pemasaran disini akan menjadi bagian yang menyatukan antara proses produksi dan juga proses konsumsi.

Selain untuk menata rancangan bisnis, strategi pemasaran memiliki fungsi yang lainnya. Yang pertama adalah untuk meningkatkan motivasi. Motivasi adalah hal yang penting dalam perusahaan. Tanpa adanya motivasi, perusahaan tidak akan membuat gebrakan dan inovasi baru untuk maju. Strategi pemasaran akan membantu perusahaan untuk mengetahui, kira-kira apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat jaman sekarang. Untuk memenuhi keinginan pasar tersebut, perusahaan akan membuat gebrakan baru atau inovasi.

Fungsi yang kedua adalah membuat koordinasi yang tepat antara satu orang dengan orang yang lain. Strategi pemasaran tidak mungkin dilakukan oleh satu orang saja. Dibutuhkan beberapa orang atau satu divisi untuk bisa melakukan strategi penjualan yang baik dan benar. Koordinasi yang tepat akan membuat strategi penjualan produk menjadi lebih baik lagi.

Fungsi lain yang terakhir adalah pengawasan kegiatan pemasaran. Strategi pemasaran yang dilakukan oleh para anggota. Para anggota akan lebih mudah diawasi apabila menggunakan strategi yang benar. Pemantauan ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas kerja yang baik dan efektif serta mutu barang yang baik. Fungsi-fungsi diatas tentunya akan membantu proses efektifitas strategi penjualan. Anda akan bisa melakukan strategi pemasaran dengan baik tanpa kesalahan apabila memiliki fungsi-fungsi yang tepat dan diimbangi dengan orang-orang yang kompeten dalam bidangnya.

Tujuan Strategi Pemasaran

Setelah membahas tentang fungsi dari strategi pemasaran, mari kita membahas tentang tujuan dari strategi penjualan. Tujuan yang pertama adalah menjadi tolak ukur dari hasil yang sudah diprediksi. Setelah sebuah perusahaan membuat strategi pemasaran, maka perusahaan juga sudah pasti membuat standart prestasi kerja. Apabila strategi penjualan yang dibuat berhasil melewati perkiraan prestasi, maka perusahaan sukses dan bisa melanjutkan pengembangan dari pemasaran tersebut.

Apabila setelah diterapkan strategi tersebut mendapatkan hasil yang dibawah prediksi prestasi ditetapkan, maka perusahaan harus kembali meneliti apa yang salah dari strategi tersebut. Dikoreksi terlebih dahulu apa yang salah dan bagaimana cara membenarkannya. Setelah itu bisa diuji ulang ke pasar. Jika setelah mengalami revisi hasilnya tetap tidak memuaskan, itu artinya strategi pemasaran yang dilakukan memang tidak cocok dengan kultur perusahaan dan harus diganti.

Tujuan strategi pemasaran yang berikutnya adalah menjadi dasar dari pengambilan keputusan pemasaran. Strategi akan berkaitan erat dengan pengambilan keputusan dalam perusahaan. Misalnya saja, strategi A mengharuskan pemimpin turun langsung ke lapangan agar produk bisa terjual lebih banyak. Maka hal itulah yang harus dilakukan. Apabila strategi bertolak belakang dengan keputusan yang diambil, maka sia-sia saja. Hasilnya tidak akan semaksimal yang strategi penjualan sejalan dengan keputusan.

Yang ketiga adalah meningkatkan kemampuan adaptasi jika ada perubahan. Perusahaan akan mengalami perubahan sesuai dengan keadaan pada saat itu. Pemasaran yang baik akan membuat perusahaan mudah untuk beradaptasi sesuai dengan kebutuhan. Pasar juga bisa saja berubah secara langsung dan mengharuskan perusahaan untuk beradaptasi. Namun hal itu adalah hal yang mudah dilakukan apabila sudah terbiasa melakukan pemasaran sesuai dengan yang dipersiapkan.

Pentingnya strategi pemasaran ini juga harus dikemukakan kepada anggota baru yang ada dalam perusahaan. Karyawan-karyawan baru yang masih belum tahu tentang seluk beluk perusahaan harus diberitahukan secara rinci. Mengapa mereka tidak boleh mengambil keputusan sendiri dan apa dampaknya pada perusahaan apabila mereka melakukan hal tersebut.

Konsep Dasar Strategi dalam Marketing

Selain fungsi dan tujuan, strategi pemasaran juga memiliki 3 konsep dasar yang bisa dijadikan pedoman. Yang pertama adalah segmentasi pasar. Ini adalah hal yang sangat penting. Pemasaran yang akan digunakan harus sesuai dengan segmentasi pasar. Ada dua jenis pasar yang bisa diketahui, yang pertama adalah pasar homogen dan yang kedua adalah pasar heterogen. Perusahaan harus tahu jenis pasar mana yang akan menjadi segmentasi pasar mereka.

Yang kedua adalah market positioning. Pesaing itu sudah pasti ada, tapi perusahaan harus bisa menguasai pasar. Oleh karena itu, market positioning sangatlah penting. Kuasailah pasar yang sekiranya bisa menguntungkan untuk perusahaan. Jadilah yang nomor satu dalam persaingan, dengan itu pelanggan tidak akan lari menuju brand yang lainnya. Strategi pemasaran harus lagi-lagi disesuaikan dengan market positioning yang disiapkan.

Marketing mix strategy adalah konsep yang ketiga. Konsep ini ada 4 komponen utama dan 3 komponen tambahan. 4 komponen utama adalah place, promotion, price, product sedangkan 3 komponen tambahan adalah people, participant dan process. Untuk produk jasa, maka Anda harus menggunakan 7 komponen tapi untuk produk barang cukup menggunakan 4 komponen saja. Komponen-komponen ini harus menjadi jalan utama bagi strategi pemasaran agar tepat sasaran dan bisa menggaet lebih banyak pelanggan.

Strategi Marketing Terhadap Produk Baru

Untuk strategi pemasaran produk baru, kita perlu melihat terlebih dahulu produk apa yang akan Anda pasarkan. Anda juga harus melihat terlebih dahulu target pasar yang Anda tuju. Jika target pasar Anda adalah anak-anak, maka buatlah produk dengan kemasan yang menarik dan eye catching. Jika perlu, gunakan ikon-ikon yang disukai oleh anak-anak. Jangan lupa untuk membuat dua jenis, untuk laki-laki dan perempuan. Kemasan produk untuk anak-anak juga harus mudah untuk digenggam dan dibawa. Lain lagi jika target pasar Anda orang dewasa.

Kemasan harus tetap menarik dan eye catching, tapi buatlah menjadi lebih simple. Orang dewasa tidak terlalu suka dengan kemasan yang heboh. Harganya juga harus Anda perhatikan. Harganya harus ekonomis dan terjangkau, kalau perlu buat dua jenis kemasan agar konsumen bebas untuk memilih mana yang akan mereka pilih.

Untuk semua target pasar, jangan sampai melupakan tentang rasanya. Jika Anda menjual produk makanan atau minuman, buatlah agar rasanya enak dan memiliki cita rasa yang khas. Semangat untuk berbisnis dan jangan menyerah untuk melakukan sasaran pemasaran yang benar. Semua perusahaan memiliki strategi pemasaran yang berbeda dan unik sesuai dengan karakternya masing-masing.