Usaha Pertanian yang Menguntungkan dan Prospektif

Usaha Pertanian Apa yang Dapat Dikembangkan?

Usaha pertanian merupakan jenis usaha yang sangat cocok untuk di jalankan di negara yang tercinta yakni Indonesia. Karena negara kita ini di anugerahi tanah yang subur terlebih di daerah pedesaan dan di bawah kaki gunung. Hal seperti ini tentunya menjadi sorotan masyarakat dan mendukung segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian. Usaha di bidang pertanian bisa saja berupa usaha yang langsung menangani kebutuhan paling dasar umat manusia: memproduksi bahan pangan.

Manusia pasti membutuhkan makan setiap hari dan merupakan kebutuhan dasar paling utama dibandingkan kebutuhan apapun. Maka sesungguhnya, pertanian ialah bidang yang sangat tepat dan tentunya menjanjikan di masa depan, terutama bagi warga pedesaan. Bisnis di bidang pertanian ini membutuhkan lahan yang luas dan subur, maka dari itu peluang usaha pertanian ini sangat potensial dikembangkan oleh warga di pedesaan.

Sayangnya, profesi menjadi seorang petani oleh sebagaian anak muda dianggap tidak menarik karena tidak menjanjikan putaran yang besar lagi cepat. Padahal kalau dikelola secara serius dan tekun, pertanian bisa menjadi sektor yang sangat handal membangun Indonesia. Itulah yang membuat sektor pertanian menjadi prioritas Kementerian Desa dalam program Dana Desa dengan menjadikan pembangunan embung bagi desa. Embung yang dimaksudkan sebagai penampung air untuk kebutuhan perngairan sawah di desa.

Dalam memulai usaha pertanian yang menjanjikan saat ini bisa di jalankan dengan modal yang cukup kecil, modal sedang hingga modal yang besar. Semuanya akan tergantung dari jenis usaha yang Anda jalankan. Sebagai negara yang agraris, di Indonesia potensi sektor pertanian di negara ini memanglah yang paling tinggi dan masih banyak potensi yang belum tergali. Sebagian potensi dari sektor pertanian yang telah di ketahui dan banyak di jalankan orang memiliki keuntungan yang besar.

Contoh Usaha Pertanian yang Menjanjikan Saat Ini

Ada banyak contoh usaha pertanian yang sangat menjanjikan. Namun beberapa orang saja yang menjalankannya karena terkendala mindset. Padahal jenis usaha ini tidak sulit untuk dilakukan. Dengan demikian, apa saja usaha pertanian yang menjanjikan di era digital ini? Berikut adalah beberapa rekomendasinya untuk Anda.

Budidaya Tanaman Organik

Seiring perkembangan zaman masyarakat menjadi semakin sadar akan pentingnya kualitas bahan makanan yang mereka konsumsi. Produk organik mampu memberikan produk yang lebih sehat tanpa adanya kandungan bahan alami yang mampu mengancam kesehatan manusia.

 usaha pertanian

Permintaan atas tanaman organik mulai dari sayuran, buah-buahan sampai beras dan tanaman obat semakin meningkat. Hal ini didasari pada kesadaran masyarakat untuk beralih ke pola hidup sehat. Karena fenomena maraknya penyakit degeneratif serta polusi yang meningkat memang cukup menjadi masalah yang tak kunjung usai. Jadi, mengkonsumsi hasil pangan organik diharapkan oleh para konsumen bisa menjadi jawaban atas fenomena tersebut.

Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias memang tidak digandrungi oleh semua orang, tetapi bukan berarti pula tidak dapat dijadikan komoditas. Mulai dari tanaman hias untuk di luar ruangan, dalam ruangan, sampai yang sifatnya aromaterapi sangat banyak digunakan di rumah, kantor, sekolah, dan bangunan lain. Budidaya tanaman hias adalah suatu usaha yang sangat menjanjikan karena yang membelinya adalah pecinta estetika. Misalnya jika Anda memperjualbelikan bonsai.

Budidaya Rempah-Rempah

Tanaman rempah tumbuh subur dan tersedia cukup lengkap di Indonesia. Permintaan dari tanaman rempah-rempah ini biasanya dijadikan bumbu masak dan juga produk herbal. Usaha ini memiliki potensi hingga ke mancanegara karena sangat diminati negara lain. Budi daya rempah-rempah merupakan usaha pertanian yang menjanjikan saat ini karena produknya dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat dan sudah menjadi bahan pokok.

Menjual Bibit

Tingginya jumlah petani di Indonesia menjadi peluang tersendiri untuk menjalan usaha dengan menjual bibit. Petani, khususnya petani tanaman tahunan cenderung untuk membeli bibit dibanding membuatnya bibit secara mandiri. Namun tidak menutup kemungkinan juga untuk menjual bibit tanaman musiman, seperti cabai dan tomat.

Bisnis Keripik Sayuran dan Buah

 usaha pertanian

Anda dapat memanfaatkan hasil pertanian menjadi olahan makanan. Salah satunya adalah membuat keripik dari bayam, nanas, dan lainnya. Buatlah keripik tersebut dengan inovasi Anda. Anda dapat menggunakan beberapa varian rasa untuk menarik konsumen, misalnya original, pedas, atau lainnya.

Menjual Perlengkapan Obat Pertanian (Toko Pertanian)

Obat pertanian yang digunakan dapat berupa obat hama, pupuk, penyubur, bibit tanaman yang keseluruhnya sangat di cari oekh para petani. Usaha ini akan cepat berkembang apabila di jalankan di lingkungan pertanian, bahkan sangat cocok di jalankan di desa.

Konsultan Bisnis Pertanian

Menjadi konsultan bisnis pertanian sangat bagus untuk dilakukan dengan membuka lembaga konsultan atau juga bisa penyuluh bisnis pertanian. Setelah lulus dari pendidikan tinggi dalam bidang pertanian, maka Anda dapat memulai usaha pertanian yang menjanjikan ini dengan penguasaan keilmuan yang cukup.

Pengepul Padi

 usaha pertanian

Memang sangatlah mudah untuk melakukan bisnis pertanian pengepul padi dan yang perlu dipersiapkan yakni membeli gabah kering dari petani di mana 1 kilogram padi kering memiliki harga sekitar 5 ribu Rupiah. Sesudah itu, padi kering akan dijual kembali ke pabrik penggilingan padi dalam skala besar dengan harga jual yang jauh lebih tinggi dari harga beli pada petani.

Menjual Produk Hasil Pertanian

Salah satu kesulitan para petani adalah mendapatkan harga yang menguntungkan bagi produk pertanian yang mereka hasilkan. Karenanya, menjadi penjual produk hasil pertanian adalah salahsatu potensi usaha yang tidak akan ada habisnya. Anda dapat mengambil beberapa jenis produk hasil pertanian saja untuk kemudian dijual misalnya khusus beras. Namun Anda juga bisa kok dalam menyediakan beberapa produk sekaligus misalnya beras, kedelai dan jagung.

Pada skala bear produk seperti ini sangat dibutuhkan banyak perusahaan pengolah produk turunan seperti produk tepung, susu kedelai dan banyak lagi. Nah apabila Anda mendapatkan para pembeli yang membeli dengan kualifikasi besar, maka usaha ini bisa sangat luar biasa. Kenapa luar biasa, karena semua orang membutuhkan aneka produk pertanian untuk dikonsumsi setiap hari dan itu berarti pasar Anda akan selalu membutuhkan dan yang membutuhkan adalah semua orang.

Keuntungan Mencoba Usaha Pertanian

Seperti itulah beberapa peluang usaha pertanian di desa yang dapat Anda pilih untuk dijadikan usaha penghasil rupiah. Jika dikelola secara baik, beberapa jenis produk pertanian saja bakal membawa Anda pada tingkat kesejahteraan yang sangat baik pula. Ini adalah berbagai peluang yang seharusnya dilihat oleh anak-anak muda terutama yang tinggal di pedesaan. Desa sesungguhnya punya banyak potensi yang jika dikembangkan dengan baik bakal bisa menghasilkan pendapatan lebih besar dari orang-orang yang bekerja di kota.

Lagipula tinggal di desa tidak membutuhkan biaya setinggi orang kota. Maka, Anda akan punya tingkat pendapatan seperti orang kota tetapi denga tingkat pengeluaran yang tetap saja mengikuti pola warga desa. Pola seperti apa? Warga desa yang memiliki semangat tinggi mengembangkan potensi pertanian maka akan mendapatkan beberapa keutungan sekaligus.

Anda akan memiliki ketahanan pangan dengan cara yang sangat efisien karena punya produk milik sendiri. Kedua, menghasilkan income yang bisa menghidupi keluarga. Jadi, peluang usaha pertanian di desa adalah salah satu cara agar anak-anak muda mulai sadar betapa desa mereka sesungguhnya memendam tambang emas berupa lahan dan produk pertanian yang menunggu untuk dijalankan.