Pahami Tata Cara Pembuatan Proposal Usaha Untuk Tarik Investor

Proposal usaha biasa digunakan untuk menarik klien atas kinerja kita. BIsnis yang sukses berasal dari dari proposal bisnis yang berkualitas. Dalam setiap bisnis, proposal usaha sangatlah penting karena merekam jejak pengalaman Anda dalam bisnis. Proposal bisnis juga berguna ketika Anda ingin mengembangkan usaha namun membutuhkan modal yang lebih besar.

Proposal usaha yang bagus dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya dalam bisnis seseorang. Namun, ternyata masih banyak pengusaha yang kesulitan mendapatkan investor. Salah satu faktor yang bisa menjadi penyebab gagalnya memperoleh investor adalah proposal bisnis yang salah. Hal ini menjadi sesuatu yang cukup berbahaya jika terjadi

Pentingnya Proposal Usaha untuk Menarik Investor

Kesalahan pengusaha yang masih sering muncul dalam membuat proposal bisnis membuat investor kurang mempercayai Anda. Investor tidak serta merta menunggu penjelasan Anda, mereka hanya menilai Anda dari proposal yang telah diterima. Berikut ini beberapa kesalahan yang seringkali dilakukan pengusaha dalam membuat proposal usaha.

1. Tujuan dan Penjelasan Bisnis yang Tidak Jelas

Hal ini akan dapat mengecewakan investor karena proposal sebenarnya bukan perihal mencari penanam modal saja. Melainkan harus berisi tujuan bisnis Anda sejelas-jelasnya agar tidak membingungkan investor nantinya.

2. Kurangnya Tingkat Kerasionalan Proyeksi Keuangan

Proyeksi keuangan yang rasional akan sangat mempengaruhi pengembangan bisnis sebuah perusahaan. Beberapa orang kadang membuat bagian ini dengan ekspektasi yang tinggi. Namun, jangan sampai ekspektasi itu malah tidak bisa digapai dan hal tersebut akan membuat investor berfikir ulang. Mereka menanamkan modal bukan untuk mendapat kerugian, jika pengembangan bisnis yang terlah disusun menjadi gagal total.

3. Terbatasnya Kemampuan Analisis Resiko

Kesalahan ketika dalam membuat proposal bisnis adalah kurang bisa menganalisa risiko rencana bisnis dan cara menghadapinya. Risiko yang ditimbulkan rencana bisnis yang dibuat haruslah seminimal dan sudah terfikirkan cara untuk mengatasi risiko tersebut. Jika risiko yang ditimbulkan terlalu besar malah akan membuat investor mundur.

4. Kurang Persuasif

Kesalahan selanjutnya yang biasanya dilakukan pengusaha dalam membuat proposal bisnisnya adalah kurang bisa meyakinkan investor perihal usaha menghadapi persaingan bisnis dalam pasar. Hasil riset dalam proyeksi tidak berdasarkan fakta yang ada juga bisa menyebabkan penawaran kurang persuasif. Keberadaaan internet mempermudah para pelaku bisnis mengambil data riset yang sumbernya tidak jelas. Biasanya investor akan benar-benar kritis mempertanyakan data riset pasar yang dicantumkan pada kolom proyeksi.

Kesalahan dalam membuat proposal di atas dapat menjadi acuan dalam memperbaiki proposal bisnis Anda. Kesalahan tersebut sangatlah kritis dan jika tertulis dalam proposal bisnis malah akan merusak proposal milik Anda. Jangan tergesa-gesa dalam membuat proposal bisnis. Fikirkan secara matang mulai dari rencana hingga solusi yang dapat diberikan jika menghadapi risiko besar.

Beberapa kesalahan di atas membuat kita mendapatkan pencerahan untuk menulis proposal bisnis. Namun hal apa saja yang harus di cantumkan dalam proposal bisnis terkadang masih ada pengusaha yang kebingungan. Disini Anda harus mengerti cara membuat proposal yang baik dan benar.

Bagaimana Cara Membuat Proposal Bisnis yang Benar?

Membuat proposal yang baik dan benar bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan jika kita mengetahui cara pembuatannya. Info dalam membuat proposal yang baik dan benar sangatlah penting untuk dipelajari karena proposal bisnis merupakan senjata andalan Anda dalam berbisnis.

Berikut adalah cara membuat proposal usaha yang baik dan benar :

Pendahuluan

Pendahuluan berisi tentang introduction atau perkenalan terkait bisnis Anda, tujuan dibentuknya badan Usaha, gambaran secara umum dan kondisi pasar bisnis.

Profil Usaha

Dalam profil usaha, dijelaskan tentang jenis usaha, nama perusahaan, lokasi berdirinya perusahaan Anda, banyaknya karyawan, hingga menjelaskan bagaimana sistem produksi pada perusahaan Anda. Pembuatan profil perusahaan haruslah dibuat dengan selengkap-lengkapnya.

Namun sangat penting bagi Anda untuk tidak menggunakan bahasa yang bertele-tele sehingga investor akan lebih mudah memahami profil perusahaan Anda. Kelengkapan dalam menulis profil usaha sangat penting dilakukan karena bagian ini memberikan kesan tersendiri tentang bisnis yang Anda bangun.

Produk

Pada bagian ini, berisi tentang produk yang menjadi andalan Anda, cara pembuatan produk dan jenis produk yang Anda ciptakan. Dalam menulis cara pembuatan produk, jelaskan juga prosesnya secara bertahap. Selain itu, dalam tahap ini Anda dapat mencantumkan target pemasaran produk mulai dari kalangan penargetan.

Data Terbaru

Salah satu bagian yang paling penting dalam proposah bisnis adalah data terbaru perusahaan. Cantumkan data perkembangan perusahaan paling tidak satu tahun terakhir, juga cantumkan strategi bisnis yang telah Anda lakukan untuk kemajuan perusahaan Anda. Anda wajib menjelaskan dengan lengkap dan rasional tentang data terbaru perusahaan. Hal ini membuat investor akan lebih mempercayai untuk menanamkan modalnya. Ini karena perusahaan yang memiliki prospek sangat menjanjikan lebih menarik hati investor.

Rencana Pengembangan

Setelah membuat perkembangan data terbaru perusahaan, selanjutnya adalah membuat perencanaan pengembangan untuk prospek ke depan. Rencana pengembangan dalam proposal usaha harus disisipkan untuk lebih meyakinkan investor bahwa produk Anda tinggi peminatnya. Jangan lupa untuk menjelaskan risiko yang akan dihadapi karena dampak rencana pengembangan perusahaan. Hal ini sangat memerlukan analisa yang kuat dan teliti namun masuk akal.

Proyeksi Keuangan

Bagian ini berisi tentang detai proyeksi keuangan dalam pengembangan bisnis Anda selama 1 tahun ke depan setelah kerjasama disetujui oleh investor. Hal ini sangat penting ditulis dalam proposal karena proyeksi keuangan merupakan bukti bahwa Anda memiliki komitmen dan keseriusan untuk mewujudkan rencana yang telah disusun. Hal ini harus difikirkan secara rasional dan realistis, karena pada proyeksi keuangan biasanya sangat disoroti oleh para investor.

Proposal usaha

Lampiran dan Penutup

Bagian ini berisi tentang biodata Anda, Surat Keterangan Usaha, Surat Izin Usaha, Sertifikat Usaha. Jangan lupa untuk menulis keseluruhan proposal dengan bahasa yang tidak bertele-tele, tidak membingungkan, mudah dimengerti agar investor tidak merasa malas membaca proposal Anda.

Setelah semua rincian proposal bisnis dibuat, jangan lupa untuk mengecek kembali hasil pekerjaan Anda. Dalam penyerahan proposal bisnis harus dibuat dengan minim kesalahan. Jika kata-kata yang digunakan terlalu panjang, Anda bisa meringkasnya sehingga proposal menjadi lebih singkat.

Penggunaan kata-kata dalam proposal juga jangan terlalu dilebih-lebihkan. Investor kurang menyukai proposal bisnis yang terlalu hiperbola. Kalimat yang terlalu dilebih-lebihkan malah akan sukar dipahami dan tujuannya malah menjadi tidak jelas. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia namun juga tidak terlalu panjang.

Hal lain terpenting yang harus diperhatikan adalah menghindari copy paste yang sama persis dengan proposal yang Anda jadikan referensi. Jika anda menggunakan referensi dari proposal milik orang lain, ambil intinya saja dan garis besarnya dan gunakan kata-kata Anda sendiri.

Nah, hal- hal yang telah disampaikan diharapkan dapat membantu Anda dalam membuat proposal bisnis. Semoga dengan adanya artikel ini, proposal bisnis anda disetujui dengan investor dan investor tidak segan berbisnis dengan Anda.